SELAMAT DATANG DI BLOG RETAS YAYASAN KHAZANAH KEBAJIKAN PUSAT

Sabtu, 05 Januari 2008

Hikmah Di Balik Tahun Baru

Sesungguhnya pada pergantian malam dan siang, dan yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, pasti terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Yunus:6).


Duh tidak terasa yah sobat RETAS kalo kita sudah sampai di awal tahun 2008 M.

hmm… mendengar kata “awal” di tahun 2008 berarti kita akan mengawali tahun 2008 dong? Yups, bener banget sobat RETAS semua bakalan mengawali tahun baru. Kira-kira kegiatan apa aja nih yang sobat RETAS lakukan untuk mengawali tahun baru ini ?

Sobat RETAS sebagaimana kita ketahui, banyak cara para remaja mengisi kegiatannya untuk menyambut tahun baru dengan hal-hal yang taka ada gunanya alias tak bermanfaat, lihat aja di pusat-pusat kota, ada temen-temen kita yang masih remaja kumpul-kumpul bareng-bareng temen-temennya hanya menunggu kembang api meletus di jam 12 malam pas pergantian tahun. Bahkan pernah juga, ada sebuah masjid di sebuah taman rekreasi di Jakarta yang mengadakan acara dengan acara dzikir bersama, tapi karena di taman rekreasi maka di luar seperti yang kita duga ada acara musik-musik yang gak Islami dan kembang api buat menyambut tahun baru, suatu hal yang sangat kontras sekali. Terus apakah kita juga begitu? mudah-mudahan Allah melindungi kita.

Kita sebagai remaj musti kritis dan harusnya bertanya, apa sih makna tahun baru sebenarnya? dan bagaimana sebenarnya hikmah di balik itu?

Sobat RETAS, dengan tahun baru berarti kita meninggalkan tahun sebelumnya, tahun dimana kita melewatinya dengan suka dan duka. Suka karena di tahun itu banyak hal bahagia yang kita dapatkan, seperti bertambahnya usia yang disertai dengan naiknya tingkat kelas dengan prestasi yang membanggakan dan berbagai hal-hal lainnya. Duka karena di tahun itu tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan berbagai cobaan dari Allah swt seperti tidak naik kelas, ditinggalkan oleh orang-orang yang sangat kita sayangi, atau juga kita dan keluarga kita terkena musibah bencana alam.

Sobat RETAS coba deh kita renungkan ayat ini “Sesungguhnya pada pergantian malam dan siang, dan yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, pasti terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Yunus:6). Nah sobat RETAS dalam ayat tersebut kita semua bisa mengambil hikmah kalau ternyata Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi tidak ada yang sia-sia melainkan dapat dijadikan sebagai renungan bahwa Allah maha kuasa atas segalanya. Jadi, gak tepat banget kalau sobat RETAS menyambut malam tahun baru ini hanya dengan sekedar hura-hura, selain acaranya kurang bermanfaat dan ngabisin waktu juga berarti telah menyia-nyiakan bahkan tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita semua.

Terus gimana dong RETAS? RETAS kok narsis banget sih?!, eit entar dulu mending kita pake dengan muhasabah diri, mengingat kesalahan-kesalahan dan khilaf yang kita lakukan, pasti kalau direnungkan banyak banget kan? kesalahan sama temen, ortu, guru, dan yang lebih besar lagi kesalahan sama Allah swt (dosa –red). Dan sebenarnya kalau kita hura-hura yang menghabiskan banyak uang mending kita pakai buat sedekah kepada yang membutuhkan, misal temen kita yang sedang membutuhkan.

Yups, terlepas dari itu semua sobat RETAS tinggal pilih mau yang baik ataukah yang buruk, tapi kalau RETAS sih nyaranin yang baik aja.



INSPIRASI

Untuk mengevaluasi bagaimana pribadi kita di tahun lalu mungkin sobat RETAS bisa mengutip bebrapa nasehat dan wasiat Ayatullah Khomeini untuk kaum muslimin dalam membangun pribadi muslim yang tangguh, yaitu :

Ikuti perkembangan umat islam

  • Banyak –banyaklah menelaah berbagai buku (Agama,sosial,politik,sains, filsafat, sejarah, sastra,dan lain sebagainya.)
  • Pelajari ilmu teknik yang dibutuhkan negara islam
  • Pandanglah fakir miskin dari segi material dan segi spiritual
  • Lupakan pekerjaan-pekerjaan baik anda, dan ingatlah dosa-dosa anda yang lalu
  • Shalatlah yang lima tepat pada waktunya, dan berusahalah shalat tahjjud
  • Jangan banyak bicara dan seringlah berdo’a
  • Kurangi tidur dan perbanyak lah membaca Al-qur’an
  • Pelajari dan perdalam ilmu tajwid dan bahasa arab
  • Sedapat-dapatnya puasa setiap hari senin dan kamis Perhatikan dan tepatilah dengan sungguh-sungguh janji anda
  • Berinfaklah kepada fakir miskin Hindari dari tempat-tempat maksiat
  • Hindari dari tempat-tempat pesta pora dan janganlah anda mengadakannya
  • Berpakainlah secara sederhana
  • Berolahragalah (senam, maraton, renang ,dan lain sebagainya ) .


Tidak ada komentar:

Salam Redaksi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sobat Retas semuanya, gimana kabar Anda saat ini? mudah-mudahan kita semua diberikan kesempatan & kesehatan oleh Allah SWT.
Tak terasa ya begitu cepatnya waktu berganti dan juga bergantinya tahun merupakan sunatullah yang tidak bisa kita elak dan sesungguhnya banyak hikmah yang dapat kita ambil. Bergantinya tahun seharusnya memaksa kita untuk menjadi lebih baik. Selamat membaca


INFORMASI TERKINI